Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kanada Blokir TikTok Untuk Gadget Pemerintah

Demi keamanan siber

Kanada blokir TikTok dari semua perangkat elektronik resmi yang dikeluarkan negara.

Peraturan tersebut mulai berlaku pada 28 Februari 2023.

Efektif per 28 Februari 2023, aplikasi TikTok akan dihapus dari perangkat seluler yang dikeluarkan pemerintah. Pengguna perangkat ini juga akan diblokir untuk mengunduh aplikasi di masa mendatang,” menurut pernyataan Dewan Keuangan Kanada.

FYI, langkah ini serupa dengan pemerintah AS yang sebelumnya juga melarang perangkat pemerintah menggunakan aplikasi TikTok.

Menyusul peninjauan terhadap TikTok, Chief Information Officer of Canada menetapkan bahwa TikTok menyebabkan tingkat risiko yang tidak dapat diterima terhadap privasi dan keamanan,” lanjut pernyataan lembaga itu.

TikTok penasaran dengan alasan pemblokiran

Dalam sebuah pernyataan, TikTok mengaku penasaran.

Mereka menilai larangan itu muncul setelah ada larangan serupa di Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Bahkan TikTok tidak mendapatkan informasi apapun.

Kami selalu ada untuk bertemu dengan pejabat pemerintah untuk membahas bagaimana kami melindungi privasi dan keamanan warga Kanada, tetapi memilih dengan cara ini tidak akan mencapai tujuan bersama itu,” tutur juru bicara TikTok.

Yang dilakukan hanyalah mencegah pejabat menjangkau publik di platform yang dicintai jutaan warga Kanada,” lanjut klaim pernyataan itu.

Marvel Gifs — I recognise the council has made a decision.

Keputusan sejalan dengan mitra internasional?

Dilansir dari CNNIndonesia, Presiden Dewan Keuangan Kanada Mona Fortier mengklaim langkah itu sejalan dengan keputusan mitra internasional.

“Pemerintah Kanada berkomitmen untuk menjaga keamanan informasi pemerintah. Kami secara teratur memantau sistem kami dan mengambil tindakan untuk mengatasi risiko,” ujarnya.

Adapun yang dimaksud sebagai mitra internasional adalah Pementerintah Federal AS, serta Komisi Eropa.

FYI, negara itu sudah mengumumkan pembatasan penggunaan TiktTok pada perangkat yang dikelola atau diizinkan dalam jaringan resmi.

Kanada Blokir TikTok Untuk Gadget Pemerintah

 

Let us know your thoughts!